• Home
  • 27 September 2004
  • English
  • rss
  • CARI BERITA
Home
Online
  • TEMPOinteraktif
  • English Edition
  • Koran Tempo
  • PDAT
  • Photostock
  • U-Mag
  • Ruang Baca
  • Blog
  • Jurnalisme Publik
  • iTempo
  • Video
  • Audio
  • Infografis
  • Halaman Utama
  • Ekonomi
    • Ekonomi dan Bisnis
  • Gaya Hidup
    • Kesehatan
    • Film
  • Hukum
    • Hukum
  • Internasional
    • Luar Negeri
  • Laporan Utama
    • Laporan Utama
  • Nasional
    • Nasional
  • Opini
    • Kolom
    • Catatan Pinggir
    • Opini
  • Prelude
    • Album
    • Surat
    • Inovasi
    • Etalase
  • Sains
    • Lingkungan
    • Ilmu dan Teknologi
    • Buku
  • Selingan
    • Perjalanan
    • Layar
  • Seni
    • Fotografi
    • Teater
  • Tokoh
    • Pokok dan Tokoh
    • Wawancara
  • Arsip
  • 27 September 2004

    Info Kesehatan

    Awasi Kolesterol, Cegah Komplikasi

    Diabetes biasanya tidak datang sendirian. Ada berbagai ancaman turut mengintip. Tekanan darah tinggi (hipertensi), misalnya, adalah penyakit ikutan yang paling sering muncul. Pasien diabetes juga berisiko terkena arteriosklerosis, pengerasan pembuluh darah, yang rawan memicu stroke dan serangan jantung.

    Berbagai komplikasi gawat tadi jelas harus dicegah. Disiplin mesti ditegakkan demi membentengi diri dari komplikasi. Caranya antara lain dengan menurunkan kadar kolesterol darah. Langkah ini penting mengingat tingginya kolesterol adalah biang keladi komplikasi pada sebagian besar pasien diabetes.

    Atorvastatin, obat baru penurun kolesterol, bisa menjadi pilihan. Khasiat obat ini telah melalui penelitian komprehensif yang berjudul CARD (Collaborative Atorvastatin Diabetes Study). Pekan lalu, penelitian ini juga menjadi bahasan dalam acara bertajuk "Meet the Expert: Lesson from the Trial" di Denpasar, Bali.

    Penelitian CARD ini memang berskala cukup besar. Riset digelar di 132 kota di Inggris dan Irlandia dengan melibatkan 2.838 pasien diabetes tipe 2. Ini jenis diabetes yang tidak bergantung pada pasokan insulin.

    Setelah enam bulan, terbukti adanya penurunan kadar kolesterol yang cukup berarti pada 1.346 pasien yang minum atorvastatin. Kadar LDL (kolesterol buruk) mereka turun dari 3,04 menjadi 1,75 mmol/L. "Kadar ideal LDL yang direkomendasikan bagi penderita diabetes adalah 1,8 mmol/L atau 70 mg/dl," kata Profesor John M.F. Adam. Ahli diabetes dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, ini menjadi salah satu tamu dalam acara "Meet the Expert".

    Risiko Bocah Gendut

    Kegendutan pada anak-anak tidak selalu berarti lucu menggemaskan. Riset terbaru yang digelar World Heart Federation di Jenewa, Swiss, menunjukkan bahwa bocah-bocah yang kelebihan berat badan memiliki risiko terkena sederet penyakit sebelum mereka berusia 65 tahun. Anak-anak gendut ini menyandang risiko-meliputi serangan jantung, diabetes tipe 2, stroke-lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan teman mereka yang bertubuh ramping.

    Janet Voute, pejabat World Heart Federation, mengatakan bahwa gaya hidup yang tidak sehat patut disoroti dengan serius. Anak-anak kita terbiasa menyantap makanan yang berkalori tinggi, kurang berolahraga, dan berjam-jam duduk di depan televisi atau komputer. Hal-hal semacam inilah yang memicu kegemukan (obesitas) pada anak-anak. "Orang tua diharapkan dapat mencegah kebiasaan buruk ini," katanya.

    Saat ini diperkirakan ada 155 juta bocah di seluruh dunia yang mengalami kegemukan. Susahnya, sebagian besar orang tua, remaja, dan anak-anak itu sendiri tidak menyadari bahwa kegemukan mereka akan menjadi masalah ketika mereka beranjak dewasa. Demi mencegah laju obesitas, Voute meminta pihak sekolah bekerja sama dengan menyediakan makanan sehat dan sarana aktivitas fisik untuk siswa.

    Suplemen Vs. Efek Kemoterapi

    Bila sedang menjalani kemoterapi, ada baiknya Anda menambah menu sehari-hari dengan suplemen vitamin. Riset terbaru menunjukkan, tambahan suplemen vitamin mengurangi dampak negatif yang diakibatkan kemoterapi pada pasien kanker payudara.

    Riset itu dilakukan tim yang dipimpin Richard F. Branda, ahli kanker dari University of Vermont, Burlington, Amerika Serikat. Tim peneliti itu mengamati 49 perempuan, pasien kanker payudara, yang sedang menjalani kemoterapi. Pasien rata-rata meminum tiga jenis pil suplemen setiap hari, yang umumnya adalah vitamin E, kalsium, dan multivitamin. Beberapa pasien bahkan mengkonsumsi lebih dari 20 jenis pil suplemen saban hari.

    Seperti dilaporkan dalam jurnal Cancer terbaru, Branda mendapati bahwa pasien yang mengkonsumsi multivitamin dan vitamin E mengalami penurunan kadar netrofil-sel darah putih yang membantu daya tahan tubuh-paling sedikit. Anehnya, pasien yang minum vitamin B-folat mengalami penurunan netrofil yang lebih banyak.

    Vitamin B-folat, menurut Branda, cenderung mengganggu metabolisme tubuh yang sedang dalam proses kemoterapi. Karena itu, disarankan agar pasien tidak minum suplemen vitamin B-folat bila sudah menerapkan menu seimbang. Toh, "Folat sudah tersedia cukup dalam makanan," kata Branda.

    Sumber: Reuters


    "Nikmati tulisan lengkap artikel ini pada versi cetak dan versi digital majalah Tempo" Silahkan hubungi customer service kami untuk berlangganan edisi cetak di 021-5360409 ext 9. Silahkan hubungi Pusat Data Analisa Tempo untuk mendapatkan versi arsip dalam bentuk PDF, di 021-7255624 ext 486

    Download versi digitalnya :
    1. iPad : melalui aplikasi Tempo Media Apps. Klik disini
    2. Samsung Galaxy Tab melalui aplikasi Samsung E Reader. Klik disini
    3. Huawei Ideos S7 melalui aplikasi XL-Baca. Klik disini

    Terima Kasih.

cover

Buku

Evolusi Wajah Perempuan

Catatan Pinggir

Sosok

Album

PENGHARGAAN

Bung Hatta Award

Fotografi

Air Mata Sepotong Ikon

Layar

Dari Budakeling ke Akropolis

Kaki-Kaki Sutasoma

Durga di Museum Benaki

TEMPO|interaktif

Metro

Waspada, Penjahat Bersenjata Api Merajalela

Olahraga

Barcelona Juara Copa del Rey

Tak Boleh Lagi Ada Sekolah Tahan Ijazah

Metro

Kisah Heroik Karyawan Minimarket Melawan Rampok

Gurandil Malang Tertimpa Longsor, 8 Tewas

Internasional

Ketika Toko Palestina Jual Produk Israel

Internasional

Perancis Tarik Pasukan dari Afganistan

Internasional

Pemilu Mesir, Islamis vs Sekuler ke Putaran Kedua

Internasional

Ini Pelajaran 'Kenali Musuhmu' Siswa Palestina  

Olahraga

Turun Minum, Barcelona Unggul 3-0 Atas Bilbao

Metro

Kopaja S13 Pekan Depan Lintasi Jalur Busway?

iklan generik

Top
  • Majalah Tempo
  • English Edition
  • Koran Tempo
  • PDAT
  • Photostock
  • U-Mag
  • Ruang Baca
  • Blog
  • Jurnalisme Publik
  • iTempo
  • Video
  • Audio
  • Infografis
  • Nasional
  • Metro
  • Bisnis
  • Olahraga
  • Teknologi
  • Gaya Hidup
  • Seni & Hiburan
  • Internasional
  • Selebritas
  • Kolom
  • English
  • Japanese
  • Help
  • About us
  • Contact
Copyright 2011 TEMPOinteraktif